Iklan ADS

Friday, May 11, 2018

Andre Barros

Kecantikan Gadis Tapal Batas Berbalut Kain Tenun


Kecantikan alami gadis tapal batas dalam balutan busana khas yakni kain tenun yang terbuat dari kapas yang di olah menjadi benang dan kemudian ditenun menjadi helai kain beragam motif ini ternyata sangatlah multi fungsi dalam duni fashion. Hal ini terbukti dengan beberapa penampilan putra putri tapal batas Indonesia dan Timor Leste yakni Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam parade budaya nusantara Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI )Malang pada minggu 6 mei 2018.

Putra putri tapal batas ini membawakan tarian kreasi yang menceritakan tentang perkembangan tari tebe sesuai perkembangan zaman. Masa sebelum penjajahan tarian tersebut dipraktekan untuk merayakan hasil panen, dan penjemputan seorang kepala suku atau raja, kemudian pada masaa penjajahan tarian tebe mulai dipraktekkan untuk mereyakan kemenangan apa bila pahlawan atau seorang prajurit pulang dari medan perang dengan membawakan kepala musuh.

Namun diera kemerdekaan tarian ini mulai di gunakan dalam acara pernikahan, upacara keagamaan, dan penjemputan pejabat publik, seperti, Bupati, Gubernur, Presiden, dan pejabat lainnya.

Salah seorang penari mengungkapkan bahwa model atau design kain tenun yang dipakai disesuaikan dengan design fahsion era modern baik untuk putri maupun putra. 

"Kami meyesuaikan dengan design fashion hari ini, dengan tidak merusak kain tetapi cara memakainya yang kami coba untuk dimodifikasi, karena jika dijahit maka butuh waktu dan yang pasti tidak bisa digunakan untuk penari dimasa yang akan datang, karena postur setiap orang berda ukuran" Jelasnya.

Sementara itu salah satu temannya mengungkapkan harapan besarnya, semoga melalui penampilan mereka diatas panggung tidak hanya mempromosikan tarian mereka, namun bisa memberi satu ide kreatif kepada generasi muda untuk memanfaatkan hasil tenunan khas mereka di dunia busana, bila perlu sampai kancah internasional.

"Saya sangat harap, semoga melalui kesempatan  ini bisa mempromosikan kain tenun daerah kami ke dunia luar, saya secara pribadi sangat takjub ketika lihat teman-teman tampil begitu cantik dengan membalutkan kain tenun khas daerah kami, sejauh ini saya tidak menyadari hal tersebut, ternyata ini bisa dimanfaatkan untuk design busana di era moder ini.jelasnya penuh harap.

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

10 komentar

Write komentar
johanes hanoe
AUTHOR
May 11, 2018 at 5:46 AM delete

Luar biasa, Cinta budaya adalah suatu hal yang paling istimewa.

Reply
avatar
Andre Barros
AUTHOR
May 11, 2018 at 5:57 AM delete

Ok senior RakatHitz...selamat Ulang tahun dan panjang Umur.

Reply
avatar
Andre Barros
AUTHOR
May 11, 2018 at 5:58 AM delete

Ia bos, tanpa budaya maka suatu kelompok masyarakat tidak memiliki identitas dan cirikhas.

Reply
avatar
Dyah Yasmina
AUTHOR
May 11, 2018 at 5:24 PM delete

Indonesia memang kaya budaya. Kain tenun tanah Timor juga tidak kalah dengan kain-kain nusantara lainnya.

Reply
avatar
Adi Pradana
AUTHOR
May 11, 2018 at 5:34 PM delete

Indonesia, istimewa budayanya. perlu kita lestarikan... Semangaaat!

Reply
avatar
Andre Barros
AUTHOR
May 11, 2018 at 7:36 PM delete

Semoga Semua itu bisa di manfaatkan dengan baik demi Indonesia kedepannya.

Reply
avatar
Andre Barros
AUTHOR
May 11, 2018 at 7:38 PM delete

Siap, salam budaya Omswastiastu

Reply
avatar
himawan sant
AUTHOR
May 11, 2018 at 10:40 PM delete

Kain tenunnya keren ...
Suka dengan motif dan warnanya.

Reply
avatar
Andre Barros
AUTHOR
May 12, 2018 at 6:23 AM delete

makasih mas himamawan Sants semoga suatu saat ka tenun bisa mendapat tempat tersiimewa di dunia fashion

Reply
avatar