Iklan ADS

Friday, April 13, 2018

Andre Barros

Sejarah Singkat Barcelona

Berdirnya FC Baecelona dilatar belekangi oleh meningkatnya popularitas sepak bola dan beberapa olahraga Inggris lainnya di Eropa dan mulai menarik minat orang-orang Catalonia di bidang olahraga. Di kutip dari halam resmi https://www.fcbarcelona.com di sebutkan bahwa Barcelona didirikan pada tahun 1899 oleh sekelompok orang asing muda yang tinggal di Barcelona. Meski pun begitu tetap disebutkan dalam halaman tersebut nama Hans Gamper sebagai pendiri klub dan berkomitmen kepada FC Barcelona melampaui perannya sebagai pemain, Sutradara, dan presiden.

 Hans Gamper pendiri Klub Barcelona. Sumber dan pemilik gambar https://www.fcbarcelona.com

Gamper adalah penggemar olahraga  selain dari sepak bola, ia berpartisipasi dalam atletik, bersepeda, rugby, dan golf - dan ia menganggap itu sebagai faktor penting dalam menghasilkan yang terbaik dalam diri manusia. Dia bertujuan untuk menciptakan organisasi yang terbuka untuk semua orang, terlepas dari asal mereka. Kemudian pada Pada Oktober 1899, Gamper memasang iklan di majalah Los Deportes untuk mencari pemain yang tertarik membentuk tim sepak bola dan Ia mulai membentuk asosiasi yang akan menanggung nama kota dan lambang: Futbol Club Barcelona bersama 11 pria lainnya yakni (Otto Kunzle dan Walter Wild dari Swiss; John dan William Parsons dari Inggris; Otto Maier dari Jerman; dan Lluís d'Ossó, Bartomeu Terradas, Enric Ducal, Pere Cabot, Carles Pujol, dan Josep Llobet dari Catalonia) Pada 29 November.






Pada tahun 1910, dewan memutuskan bahwa Klub membutuhkan lencana sendiri dan menyelenggarakan kompetisi untuk menemukan desain baru dan mengadopsi format yang dengan satu atau dua variasi telah bertahan hingga hari ini. awalnya, setengah kemeja berwarna biru dan yang lainnya, lengannya berseberangan warna dan celana pendek itu berwarna putih. Teori yang paling mungkin berkenaan dengan asal-usul warna adalah bahwa mereka berasal dari kit yang dikenakan oleh tim rugby di sekolah bahasa Inggris Sekolah Merchant Taylors di mana saudara-saudara Witty, dua dari anggota pertama Klub, telah belajar di masa muda mereka.

Dalam proses perkembangannya FC Barcelona mengalami banya kesulitan diantaranya kurang stabilnya ekonomi dan ruang terbuka yang besar pada saat kota itu mengalami ekspansi perkotaan. Klub berjuang dengan hanya 38 anggota yang hampir meninggalkan proyek. Gamper bertekad untuk membuat Klub itu mengapung dan untuk pertama kalinya ia menjadi presiden organisasi Pada bulan November 1908 dan mulai membenahi ulang sistem organisasi, penulisan ulang undang-undang Klub, dan akuisisi lapangan sepakbola Klub sendiri untuk pertama kalinya.

Masa kepemimpinan Gamper klub mulai bertumbuh cepat, anggota pun meningkat dari 201 pada 1909 menjadi 2.973 dalam waktu kurang dari sepuluh tahun. Tanah di Carrer Indústria (hari ini Carrer París) diresmikan pada tanggal 14 Maret 1909 dan merupakan rumah klub sampai tahun 1922. Pada tahun 1916 berdiri dua tingkat didirikan, yang pertama dari jenisnya di sebuah lapangan sepakbola Spanyol; ini meningkatkan kapasitas stadion menjadi 6.000 penonton.

Keberhasilan yang di raih oleh tim pertama yyang di bentuk pun disambut dengan dengan sambutan pahlawan dari para penggemar setelah mengalahkan Madrid di kejuaraan Spanyol pada 1910. Selanjutnya pada tahun 1911-12 Paulino Alcántara, dari Filipina merupakan pemain bintang pertama Barcelona, saat itu Paulino berusia 15 tahun saat memainkan debutnya dan membawanya dikenang sebagai pencetak gol terbanya hingga kehadiran Lionel Messi. Dalam 357 Pertandingan Paulino mencetak 369 gol.

Tidak haaya sampai disitu namun pada tahun 1908-1909 merupakan awal dominasi FC Barcelona dalam Kejuaraan Sepak Bola Catalan. Pada 1919, Barça telah memenangkan gelar lima kali, dengan sorotan datang pada 1909/10 ketika tim memenangkan semua pertandingan mereka dan tahun 1919-30. Merupakan Jaman Keemasan Baecrlona dimana tim ini mulai mengumpulkan perak dan para pemain mulai mendapatkan nama untuk diri mereka sendiri. FC Barcelona terus menarik dukungan dalam jumlah besar dan dipandang sebagai tim impian, yang terdiri dari pemain bintang yang menjadi idola Barca pertama, seperti Samitier, Alcántara, Zamora, Sagi, Piera, dan Sancho. 

FC Barcelona mulai mendapat banya dukunga dari penggemar di tanah airnya yang mendorong pemmembangun lapangan sepakbola di Les Corts, pada tahun 1922 dimana stadion ini merupakan stadion Barcelona yang terkenal hebat dan jumlah anggota klub lebih dari 10.000 anggota. 

Keberhasilan-demi keberhasilan terus diraih oleh Barcelona disetiap musim hingga tahun 1928 merupakan kemenangan palinga signifikan dimana final Kejuaraan Spanyol (Copa del Rey) pada tahun 1928. Pada final, yang berlangsung di Santander, Barca mengalahkan Real Sociedad (3-1), setelah dua pertandingan pertama berakhir dengan hasil imbang. Penjaga gawang, Plattkó, menderita luka serius selama pertandingan dan menjadi pahlawan hari itu dan penampilannya diperingati dalam sebuah puisi terkenal oleh Rafael Alberti. Untuk pertama kalinya, kemenangan Barça disiarkan di radio dan surat kabar menerbitkan edisi khusus. 

Pada 12 Februari 1929, kompetisi baru dimulai: Liga. Hanya dalam beberapa tahun, kompetisi ini akan menjadi kejuaraan par excellence sepakbola Spanyol. Itu berlangsung empat setengah bulan dan FC Barcelona adalah juara pertama dengan dua puluh lima poin, dua lebih dari Real Madrid, yang selesai di tempat kedua. Manuel Parera mendapat kehormatan sebagai pencetak gol pertama tim di Liga Spanyol. Namun, kemenangan ini tidak disambut dengan antusiasme yang besar saat itu, karena penggemar sepak bola berpikir bahwa Liga adalah kompetisi yang tidak signifikan. Dalam hal apapun, rekor Klub dalam dekade emas itu luar biasa dengan delapan Kejuaraan Catalan, lima Kejuaraan Spanyol dan satu gelar liga.

1988-1996. Era 'Tim Impian' 

Dari tahun 1988, dengan Cruyff sebagai manajer, Barcelona kembali dikaitkan dengan sepakbola yang luar biasa dan kesuksesan olahraga. Dewan direksi yang dipimpin oleh Josep Lluís Nunez fokus untuk membangun tim pemain sepak bola yang akan memicu antusiasme dan berkinerja baik. The Camp Nou mulai mengisi sekali lagi.

FC Barcelona berhasil mengamankan empat kejuaraan Liga Spanyol berturut-turut, antara tahun 1990 dan 1994. Memenangkan Piala Eropa pada tahun 1992 adalah puncak dari periode ini, yang dicirikan oleh satu sentuhan permainan tim dan gaya menyerang dan mentalitas kemenangan para pemain Cruyff.

Dikenal sebagai 'Tim Impian' sepakbola Eropa, para pemain tak terlupakan berikutini yang masuk dalam sejarah klub: Zubizarreta, Bakero, Begiristain, Laudrup, Koeman, Stoichkov, Romário, Eusebio, Nadal, Guardiola, Amor, Juan Carlos,Ferrer, Nando , Julio Salinas, Serna, Alexanko, dan Goikoetxea.

Dipimpin oleh duo Cruyff-Rexach, tim akhirnya menarik garis di bawah masa lalunya yang 
bermasalah; Barcelona menjadi salah satu nama terbesar di dunia sepakbola.

Klub pun menginginkan perayaan Barcelona Centenary berlangsung selama satu tahun. Para penggemar dan olahragawan menikmati serangkaian acara peringatan antara 28 November 1998 dan 29 November 1999. Semuanya dimulai dengan pesta besar-besaran di stadion. Salah satu momen paling berkesan datang ketika penyanyi legendaris Catalan Joan Manuel Serrat menyanyikan lagu kebangsaan Barca sebelum seratus ribu penonton. Momen emosional lainnya datang pada 28 April 1999 dengan parade ratusan olahragawan yang telah membela warna FC Barcelona selama bertahun-tahun. 

Pada tahun 2003 merupakan era baru bagi Barcelona, para anggota klub memberikan suara di dewan direksi baru, yang dipimpin oleh Joan Laporta. Dewan baru membawa Frank Rijkaard sebagai pelatih dan Ronaldinho ditandatangani untuk memimpin tim di lapangan. Klub telah menderita empat musim yang kurang dan kedatangan pemain Brasil itu merupakan suntikan optimisme yang sangat dibutuhkan untuk Barcelonaa. dan pada tanggal 17 Mei 2006, Barca memiliki nama yang terukir di trofi Liga Champions untuk kedua kalinya setelah mengalahkan Arsenal 2-1 di Paris. Sasaran oleh Eto'o dan Belletti menyinari Stade de France. Ini adalah kemenangan sepakbola yang penuh sukacita, yang disebut "jogo bonito", gaya berani dan berani, diakui di seluruh dunia. Ribuan anggota dan penggemar merayakan kemenangan di Paris, dan jutaan lainnya mengikuti di Barcelona dan kota-kota lain di dalam dan di luar Catalonia. Tahun 2006 juga merupaka salah satu tahun dimana sebuah perjanjian bersejarah ditandatangani dengan UNICEF, berdasarkan mana Klub tersebut berkolaborasi secara finansial dengan asosiasi ini, yang bekerja untuk hak-hak anak-anak dan perlindungan mereka, dan anagram mana yang dikenakanoleh tim utama klub sekarang. Pertandingan pertama di mana tim memakai kaos dengan logo UNICEF pada 12 September 2006, di Camp Nou, dalam pertandingan Liga Champions melawan Levski Sofia. Barça menampilkan kembali pameran brilian lainnya yang berakhir dengan kemenangan 5-0 yang gemilang.

Sekian sejarah singkat mengenai Barcelona, semoga bisa membantu menambah pengetahuan para penggemar Barcelona. Artikel ini merupakan hasil terjemahan dari Naskah Asli yang ada di halam atau situs remsi FB Barcelona https://www.fcbarcelona.com

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :