Iklan ADS

Friday, March 30, 2018

Andre Barros

Cinta Produk Lokal




Perkembangan dunia di berbegai bidang telah mengakibatkan meningkatnya  kebutuhan           manusia terutama gaya hidup pada era sekarang, banyaknya tingkat konsumsi akan produk-produk asing yang masuk ke indonesia telah mengakibatkan menurunnya produktivias produk produk lokal yang sebenarnya tidak kalah saing dengan produk asing dan memiliki kualitas yang cukup baik untuk bersaing baik didalam negeri maupun luar negeri.

Majunya sebuah negara bukan terletak pada seberapa banyak negara tersebut mengimpor tetapi berapa banyak yang di ekspor oleh negara tersebut. Hal ini tentu menjadi persoalan bagi Indonesia sebagai salah satu negara berkembang, memang wajar bahwa Indonesia memebutuhkan negara lain, namun bukan berarti Indonesia harus bergantung sepenuhnya pada produk-produk asing yang  sebenarnya Indonesia sendiri juga mampu untuk mengolahnya. Apalagi Sumber Daya Alam Indonesiapun sangat membantu, bayak sekali hasil-hasil alam dan nilai-nilai kearifan lokal yang siap untuk di produksi sendiri.

Perkembangan arus modernisasi dewasa ini membuat banyak orang lupa untuk mengolah kekayaan yang memiliki potensi sangat besar untuk di kembangkan menjadi sebuah produk, padahal secara Sumber Daya Manusia atau SDM Indonesia tidak kalah dengan luar, buktinya salah satu nama yang sudah sangat tidak asing lagi di setiap kalangan masyarakat dari semua generasi yaitu Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal dengan nama BJ Habibie dan masih banyak orang-orang hebat lainnya di indonesia yang telah berkontribusi baik secara pemikiran maupun tindakan.

Banyak sekali produk-produk Indonesia yang mendunia namun didalam negeri sendiri sepertinya masih belum begitu dirasakan oleh masyarakat Indonesia sendiri,, dilansir dari halaman www.tempo.web.id Indonesia memilik 100 lebih produk yang saat ini sedang mendunia, namun kembali kepada kesadaran warga negaranya untuk turut membangun dengan mencintai produk-produk lokal yang ada di indonesia, terutama generasi mudah yang hidup pada era ini, dimana generasi ini  memiliki gaya hidup yang serba mewah. Berhentilah untuk mengidolakan produk-produk asing dan cintailah produk-produk lokal sebagai salah satu bentuk pengabdianmu kepada negri tercinta, dengan begitu akan mengurangi nilai impor, menghemat Anggaran Belanja Negara (APBN), dan mengurangi utang luar negeri.

Pada kesempatan ini saya mngajak seluruh masyarakat dan terutama generasi mudah yang sering atau gemar mengkoleksi produk-produk handmade carilah di pusat-pusat produk handmade yang terkuurasi atau di rumahnya produk handmade Indonesia sehingga anda bisa mersakan produk Indonesia yang berkualitas tinggi. Apalagi saat ini sudah tersedia situs-situs online yang menyediakan berbagai produk dan bisa dikunjungi kapan dan dimana saja anda berada, manfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempermudah aktivitas anda, atau juga anda bisa langsung mengunjungi salah satu situs belanja online Qlapa.com, disini anda bisa menemukan berbagai  produk mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pria dan wanita, peralatan rumah tangga dan dekorasi, kuliner, perawatan kecantikan dan masih bayak kebutuhan lainnya. Berikut akan diulas salah satu Dress Tenun Antik yang ada di Qlapa.com


Dres ini dibuat dari bahan kain tenun asli asal kabupaten Jepara oleh para pengrajin atau penenun, dengan melewati proses yang cukup dibilang panjang mulai memintal, menggulung benang, menggambar, Menali, mewarna, mbathil atau mencopot ikatan tali tenun, menggosok benang mewarnai motif-motif kecil dengan batang bambu kecil, membagi benang layaknya puzzle (mbongkar) malet atau menggulung benang ke wadah benang, nyekir atau pembuatan benang dasar, nyucuk atau memasukan beberapa ribu helai benang ke goen (semacam lubang jarum) dan sisir (untuk menganyam), ngadhani atau menyelaraskan benang.


Sekian artikel ini saya cukupkan semoga bermanfaat dan bisa membantu kita untuk lebih mencintai dan mengagumi produk-produk asli Indonesia.

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :