Iklan ADS

Friday, October 6, 2017

Andre Barros

Komunikasi Massa

Pengertian Komunikasi Massa


www.google.com

Komunikasi massa atau dalam bahasa Inggris disebut mass communication adalah komunikasi melalui media massa, baik itu media cetak, elektronik, dan online. Namun banyak ahli psokologi sosial yang berpendapat bahwa komunikasi massa tidak selalu menggunakan media massa, ketika seseorang berpidato didepan banyak orang maka bisa saja itu adalah komunikasi massa.

Melihat pendapat yang berbeda tentang pengertian komunikasi massa maka para ahli komunikasi membatasi komunikasi massa pada komunikasi dengan menggunakan media massa. Joseph A. Devito dalam bukunya Comonicologi : An introduction to Study of communication, (dalam Effendy, 1990 : 21). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik menegaskan

“First, mass communication is communication addressed to the masses, to an xtremely large audience. Thismdoes not mean that the audience incudes all people or everyone who reads or everyone who watches television : rather it means an audience that is large and generally rather poorly defined.

Second, mass communication is communication mediated by audio and / or visual transmitter. Mas communication is perhaps most easily and most logically defined by its from : television, radio, newspaper, magazines, films, books, and tapes.”

(Pertama, komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepaada khlayak yang luarbiasa banyaknya. Ini tidak berarti bahwa khalayak meliputi seluruh penduduk atau semua orang yang membaca atau semua orang yang menonton televisi, agaknya ini bahwa khalayak itu besar dan pada umumnya agak sulit untuk didefenisikan.

Kedua, komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan oleh pemancar-pemancar yang audio dan visual. Komunikasi massa barangkali akan lebih mudah dan lebih logis bila didefenisikan menurut bentuknya : radio, televisi, surat kabar, majalah, film, buku, dan pita).

Sedangkan menurut Warner I . Severin dan james W. Tankard, Jr. (Dalam Efendi 1990 : 21) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik

" Mass comunication is part skill, part art, and part sience. It is a skill in the sense that it involves certain fundamental learnable techniques such as focusing a televition camera, operating a tape recorder or taking notes during and interview. It is art in the sense that it involves creating challenges such as writing a script for a televition program, developing an aesthetic layout for a magazine and or coming up with a catchy lead for a news story. It is a science in the sense that there are certain principles involvedin how comunication works that can be verivied and use to make things work better."

(Komunikasi massa adalah sebagian keterampilan, sebagian seni, dan sebagian ilmu. Ia adalah keterampilan dalam pengertian bahwa ia meliputi teknnik-teknik fundamental tertentu yang dapat dipelajari seperti memfokuskan kamera televisi, mengoperasikan tape recorder, atau mencatat ketika wawancara.
Ia adalah Seni dalam pengertian bahwa, ia meliputi tantangan-tantangan kreatif seperti menulis skrip untuk program televisi, mengembangkan tata letak yang estetis untuk iklsn msjalah, atau menampilkan teras berita yang memikat bagi sebuah kisah berita.
Ia dalah adalah ilmu dalam pengertian bahwa, ia meliputi prinsip-prinsip tertentu bagaimana berlangsungnya komunikasi yang dapat dikukuhkan dan dapat digunakan untuk membuat berbagai hal menjadi lebih baik.)

Karakteristik Komunikasi Massa

Komunikasi massa memiliki karakteristik tersendiri, Menurut Effendy (1990 : 22) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik.

1. Komunikasi massa berlangsung satu arah, hal ini dikarenakan pembaca atau khlayak sebagai komunikan atau penerima pesan tidak dapat memberi tanggapan balik terhadap pesan yang diterima. Contohnya seseorang sedang menonton berita televisi, atau mendengar berita radio, maka orang itu belum tentu dapat membalas apa yang lihat dan didengarnya.

2. Komunikator pada komunikasi massa melembagga yakni suatu isntitut atau organisasi.

3. Pesan pada komunikasi massa bersifat umum, yakni pesan yang dikirim sifatnya umum karena ditujukak kepda khalayak secara luas. contohnya berita yang disiarkan sebuah stasiun televisi dapat ditonton oleh siapapun. begitu juga berita yang diterbitkan oleh surat kabar atau majalah.

4. Media komunikasi massa menimbulkan keserempakan, yakni pesan yang disampaikan oleh media baik itu elektronik, cetak dan online dapat diterima secara bersamaan.

5. Komunikasi massa bersifat heterogen, Dalam artian keberadaan khlayak terpencar-pencar dan tidak saling mengenal satu sama lain, juga berbeda dalam segala hal seperti jenis kelamin, agama, ideologi, hoby, pekerjaan, pendidikan, dan pengalaman hidup.

Fungsi Komunikasi massa.

Menurut Sean Mac Bride dan kawan-kawan dalam bukunya Effendy 1990 sebagai berikut :

Informasi
Sosialisasi
Motivasi
Perdebatan dan Diskusi
Pendidikan
Memajukan kebudayaan
Hiburan
Integrasi
Sekian ulasan tentang Komunikasi massa, kita akan bertemu lagi di sesi berikut masih seputar Ilmu Komunikasi.

Daftar Pustaka

Effendi, Komunikasi Teori dan praktik, PT Remajarosdakarya, Bandung : 1990.
Warner. J. Saverin,Teori Komunikasi, Sejarah Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa, Kencana Prenadamedia Group, Jakarta : 2001

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

4 komentar

Write komentar