Iklan ADS

Tuesday, October 17, 2017

Andre Barros

Arti Feature

Arti Feature


Secara khusus belum ada defenisi yang pasti tentang feature, banyak ahli yang mendefenisikan feature dengan arti yang berbeda-beda, bahkan di kalangan jurnalistik sendiri memberikan banyak penafsiran tentang arti feature. Feature bisa diartikan sebagai cerita berupa laporan, dan artikel tuturan, dan pada umumnya banyak anggapan bahwa featur adalah berita ringan (soft news), yang dimana dalam peneulisan feature lebih menekankan pada unsur Human Interest, berdasarkan sudut pandang penulis, namun feature tetap ditulis berdasarkan fakta yang digali oleh penulis atau wartawan.

Feature biasanya disajikan dengan tujuan untuk, menghibur, mendidik, serta menginformasikan suatu peristiwa atau kejadian yang kurang penting namun menarik dan menyentuh pembaca atau khalayak secara emosional, seperti menimbulkan rasa kagum, simpati, takjub, kasihan, marah, cemas, terharu, sedih, humor, dan lain sebagainya.

Walaupun terlihat mengambang defenisi tentang feature namun ada defenisi dari beberapa ahli yang mungkin bisa menjadi dasar untuk melihat arti feature itu sendiri. Menurut Richard Weiner feature adalah suatu artikel atau karangan yang lebih ringan, atau lebih umum, tentang daya pikat manusia, gaya hidup, dari pada berita lempang yang ditulis dari peristiwa yang masih hangat.

Sedangkan Daniel R Williamson, Featuture adalah artikel yang kreatif, kadang-kadang subjetif, yang dirancang terutama untuk menghibur dan memberitahu pembaca tentang suatu peristiwa atau kejadian, situasi dan aspek kehidupan seseorang. Kemudian Mc. Kinney mempertegaskan lagi pengertian feature adalah, suatu tulisan yang berada diluar tulisan yang bersifat berita langsung, dimana pegangan utama dari unsur 5W dan 1 H diabaikan.

Berdasarkan beberapa literatur dan defenisi dari beberapa ahli yang telah dijabarkan diatas maka dapat disimpulkan bahwa feature merupakan tulisan ringan berupa cerita atau artikel yang ditulis berdasarkan fakta yang tidak terlalu penting namun menarik untuk disajikan dalam sebuah tulisan yang tidak terikat oleh unsur 5W dan 1 H, dengan tujuan untuk menginformasikan, mendidik, dan menghibur khalayak.

Selain di sajikan dengan lugas dan ringan feature juga memiliki beberapa ciri-ciri yang tidak terlepas dari arti dan fungsi feature itu sendiri serta defenisi dari para ahli seperti yang telah dijabarkan diatas, berikut ciri-ciri feature :

Kreatif : Feature biasanya lahir dari ide-ide kreatif penulis, baik itu direncanakan ataupun secara kebetulan.

Subjektif : Feature biasanya ditulis berdasarkan sudut pandang penulis, subjektifitas feature bisanya namak juga kedekatan unsur sastra.

Informatif : Dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepada pembaca mengenai suatu peristiwa atau kejadian.

Mendidik : penyajian feature lebih kepada informasi yang belum diketahui khalayak, sehingga bisa menjadi menambah pengetahuan serta wawasan bagi pembaca.

Menghibur :Tulisan feature biasanya disajikan dengan lunak yang bisa menghibur, dan dalam memahaminya cenderung menggunakan emosi dari pada pikiran.

Awet : Berita feature biasanya bertahan lama dalam pikiran pembaca da tidak mudah untuk dilupakana begitu saja.

Sekian artikel tentang feature dan kita akan bertemu lagi di sesi berikut tentang teknik penulisan feature.

Daftar Pustaka

Sudarman paryati. 2008. Menulis di Media Massa. Yogyakarta : Pustak Pelajar.
Barus Willing. 2010. Jurnalistik, Petunjuk teknis Menulis Berita. Jakarta : Erlangga JL. H. Baping Raya No. 100 Ciracas, 13740.
Suryawati Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar Tori dan Praktik. Bogor : Ghalia Indonesia

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :