Iklan ADS

Saturday, August 12, 2017

Andre Barros

Renungan Untuk Pancasila 1 Juni 2017

Renungan Singkat.

`


Usiamu Semakin bertambah tua tapi kau tidak pernah dihargai, malah kau dilecehkan, Kau disegani diluar tapi diinjak-injak harga dirimu di Negeri tercinta dengan seribu satu macam suku budaya yang kau genggam berabad-abad lamanya, butir-butir pedoman yang tertempel didadamu tidak lagi diamalkan dengan baik dinegri ini, kau seolah hanyalah poster pajangan yang menghiasi gedung-gedung instansi, baik swasta maupun pemerintah. Orang-orang berteriak NKRI harga mati, tapi hari ini aku berani berteriak Pancasila mati harga, ibarat barang jualan yang tidak laku, pancasila seolah tidak ada artinya sama sekali diNegeri tercinta ini.

Bahkan pancasila hanyalah sekedar gambar yang mengispirasi para selebriti untuk bagaimana menemukan ide demi menghibur khalayak, salah satunya kasus Zaskia gotik pada selasa 15/03/2016 tahun kemarin ketika mengahadiri acara musik di salah satu televisi swasta, atau kasus lainnya Habib Rizieq yang dilaporkan oleh Sukmawati Soekarno Putri yang mengaku menerima video yang berisikan pelecehan terhadap pancasila pada juni 2016 lalu.

Di Negeri ini orang-orang tidak lagi menghargai nilai-nilai keTuhanan yang terkandung didalamnya, mereka malah ribut sana sini berkeliling kota dengan berjalan kaki sambil berteriak seperti orang gila, mereka membawakan spanduk-spanduk dengan coretan yang tidak jelas, seolah-olah mereka bukan orang indonesia yang tidak tahu dan tidak pernah tahu tentang pancasila yang katanya oleh bungKarno digali dari perut Bumi Pertiwi.

Kemanusiaan yang katanya adil dan beradap ternyata semakin hari semakin bertambah biadap, nilai-nilai luhur dan peradaban yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang bangsa ini semuanya hilang ditelan ideologi-ideologi asing yang bukan warisan para leluhur bangsa ini, persatuan yang dulu kokoh kini hancur berkeping-keping. Para pemimpin tidak lagi memimpin dengan bijaksana, tapi mereka memimpin dengan penuh keserakahan dan egois.

Keadilan sosial tidak lagi bagi seluruh rakyat tapi keadilan sosial seolah hanya untuk Golongan tertentu, di Negeri ini hukum diperjual belikan, yang salah dibenarkan yang benar disalahkan. Kekerasan terjadi dimana-mana dengan berbagai macam motif, korupsi merajalela, sungguh bangsa ini kehilangan jati diri, Bangsa ini krisis akan moralitas, semua itu karena nilai-nilai yang terkandung didalam pancasila diabaikan, pancasila yang seharusnya menjadi dasar pemerintah dalam mengatur segala kebijakan di Negeri ini, bukan dengan ideologi segelintir orang atau suku, etnis, agama dan lain sebagainya.

Semua sudah terprogram didalam pancasila, pancasila telah mencakup seluruh aspek dalam kehidupan orang Indonesia, lalu apa lagi yang dicari?. Apakah pancasila tidak menghendaki kita untuk berketuhanan?, apakah pancasila tidak menghendaki kita untuk hidup adil dan makmur? Apakah pancasila tidak menghendaki kita untuk bersatu? Sehingga Bangsa ini ribut tiada habis-habisnya, bahkan ada golongan-golongan tertentu yang ingin menggantikan pancasila dengan ideologi warisan asing kepada mereka.

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :