Iklan ADS

Thursday, August 31, 2017

Andre Barros

Pengertian dan Fungsi Komunikasi



Istilah komunikasi secara harafiah atau asal kata, berasal dari kata Communis yang artinya sama dalam artian persamaan makna. Untuk memberi pengertian mengeni komunikasi, mari kita awali dengan satu pertanyaan sederhana, Apa itu Komunikasi ? berikut defenisi komunikasi menurut beberapa ahli.



Menurut Carl I. Hovland, (dalam Effrendy, 1990 : 10 ) Ilmu Komunikasi adalah Upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegar asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap. Sedangkan menurut Harold Lasswell, (dalam Effrendy, 1990 : 10 ) untuk menjelaskan tentang komunikasi secara baik ialah menjawab pertanyaan berikut Who Says What In Which Chanel To whom With What Affect ? Maksud dari Lasswell ialah, Siapa mengatakan apa kepada siapa menggunakan saluran apa dan menimbulkan efek apa ?

Dari dua pernyataan Hovland dan Lasswell diatas dapat disimpulkan bahwa Komunikasi ialah suatu proses penyampain pesan berupa ide atau gagasan dari suatu sumber kepada sumber yang lain, atau dari seseorang kepada orang lain.

Ada pun beberpa unsur dalam komunikasi, unsur-unsur ini meliputi pernyataan lasswell diatas yaitu

Komunikator atau (Communicator) : Orang yang menyampaikan pesan
Pesan atau (Message)
Media atau (Chanel)
Komunikan atau Cmmunicatee : Orang yang menerima pesan
Efek atau Effect : akibat atau reaksi apa yang dihasilkan dalam suatu proses komuniksi.

Secara umum Komunikasi dibagi menjadi komunikasi Verbal da komunikasi nonverbal, Komunikasi verbal ialah jenis komunikasi yang sampaikan dalam bentuk lisan ataupun menggunakan bahasa. Komunikasi verbal tidak disampai secara lisan tapi bisa melalui surat kabar, majalah, tabloid, dan media Cyber. Contoh komunikasi verbal salah satunya ialah, Pidato seoraPresiden pada 17 agustus, atau contoh lainnya seperti aksi mahasiswa terkait suatu kebijakan pemerintah yang dinilai tidak menguntungkan rakyat.

Sedangkan komunikasi non verbal ialah komunkasi yang disampaikan menggunakan simbol, berupa lambang dan bahasa tubuh, contohnya seseorang menggeleng kepala ke samping kiri dan kanan menandakan tidak setuju, atau menganggu-angguk kepala sebagai tanda setuju.

Contoh lain yang menggunakan lambang atau simbol seperti lukisan anak panah pada gua-gua yang diartikan sebagai perang, atau bisa saja berburu, atau lambang Nike yang terdapat pada baju atau topi, menanda bahwa produk ini milik Nike.

Secara garis besar telah dijelaskan mengenai pengertian komunikasi dan unsur-unsurnya, nah apa fungsi dari komunikasi itu sendiri ?
Menyampaikan pikiran, ide atau gagasan.
Mengenali diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
Membentuk sikap atau perilaku seseorang.
Membbina hubungan antar manusia, secara pribadi, kelompok, maupun etnis.

Sekian ulasan singkat tentang pengertian dan fungsi komunikasi, kita akan bertemu lagi disesi berikut masih seputar Ilmu Komunikasi.


Daftar Pustaka

Prof. Drs. Effendy Uchjana Onong, Ilmu Komunikasi, Teori dan praktek, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 1990.
Prof. Mulyana Dedi, M.A., Ph.D. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar, Bandung PT Rosdakarya, 200 s.d. 2007.

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :