Iklan ADS

Wednesday, July 19, 2017

Andre Barros

Marhaenisme

Sejarah Singkat Marhaenisme



Apa itu Marhaenisme? Marhaenisme adalah sebuah paham atau ideologi, Marhaen adalah kaum yang tertindas sedangkan isme adalah paham dan marhaenis adalah kaum penggerak yang membela kaum-kaum tertindas.
Bagaimana sehingga munculnya Marhaenisme? Dalam Peyambung Lidah Rakyat Cindy Adams menceritakan tentang bertemunya Sukarno dengan seorang petani bernama Marhaen di daerah Cigalereng Bandung selatan, saat itu Sukarno sedang jalan-jalan kemudian ia bertemu dengan seorang petani bernama marhaen melaluli peremuan ini terjadi percakapan singkat antara Sukarno dan pak Marhaen dimana dalam percakapan singkat itu diceritakan bahwa pak Marhaen memiliki lahan yang luas serta alat produksi seperti cangkul, bajak dan lain sebagainya, namun hasil pertaniannya tidak pernah membuatnya kaya bahkan untuk mencukupi kebutuhan keluarganyapun tidak cukup, Hal ini disebabkan oleh sistem kapitalisme, Imperialisme dan Kolonialisme pada saat itu. Oleh karena itu disimpulkan bahwa Marhaenisme adalah konstruksi dari pemikiran Sukarno atas penderitaan yang dialami oleh rakyat Indonesia pada saat itu. Sehingga muncullah Marhaenisme sebagai asas perjungan kaum-kaum Marhaen juga sebagai wadah untuk mengorganisir kaum-kaum Marhaen dengan tujuan melawan Kapitalisme Imperialisme, dan Kolonialisme guna tercapainya harmonisasi antara kemerdekaan individu dan keadilan sosial, dengan demikian akan menyelamatkan kaum Marhaen dari penindasan.

Tiga pokok pikiran dalam Marhaenisme

Sosio Nasionalisme. Yaitu, Nasionalisme yang bertujuan menyelamatkan masyarakat secara keseluruhan dari penindasan sistem Kapitalisme, Imperialisme, dan Kolonialisme. Dalam artian nasionalisme yang dijalankan atas dasar kepentingan rakyat, dalam Sosio Nasionalisme, lebih menekankan pada sisi Humanisme, atau nasionalisme yang berperi kemanusiaan.

Sosio Demokrasi. Secara sederhana Sosio Demokrasi dapat diartikan sebagai Demokrasi Masyarakat, Sosio Demokrasi lahir dari Sosio Nalisionalisme. Dalam sosio demokrasi tidak hanya berfokus pada kebebasan politik tetapi juga mengenai kesejahteraan masyarakat. Sosio demokrasi dibangun untuk mengatur demokarasi politik dan demokrasi ekonomi yang diwujudkan melalui musyawarah mufakat.

Ketuhanan yang Maha Esa. Yaitu, Ketuhanan yang berkebudayaan Indonsia. Ketuhanan yang Maha Esa menganjurkan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berketuhanan dengan caranya sendir, dan bertuhan pada tuhannya sendiri. Berkebudayaan ialah ketika masyarakata Indonesia percaya dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang diajarkan kepercayaannya maka akan lahir suatu peradaban sebagai budaya Indonesia.

Kemudian untuk mewujudkan suatu masyarakat yang adil dan makmur, suatu masyarakat tanpa penindasan dan pemerasan bangsa atas bangsa dan manusia atas manusia maka ada pula tiga kerangka revolusi oleh Soekarno antara lain.
Nasional Demokratis
Sosialisme Indonesia
Dunia baru yang adil dan makmur

Tiga tahap perubahan ini menurut soekarno dapat dicapai apabila kita betul-betul berdaulat dibidang Politik, berdikari dibidang ekonomi dan berpendirian dibidang kebudayaan sehingga dapat terwujud apa yang menjadi cita-cita bangsa dan negara.

Cara atau strategi perjuangan kaum Marhaenis

Radikal revolusioner, yaitu cara perjuangan untuk melakukan perubahan secara mendasar dan cepat.
Non koopersi, yaitu perjuangan dengan tidak ada kompromi, perjuangan yang tidak meminta-mintaatau mengemis kepada pengendali-pengendali sistem yang menindas.
Machtsvorming, yaitu penggalangan kekuatan yang berlandaskan satu kesatuan semangat dan cita-cita, satu penyusunan kekuatan berdasarkan mental ideologi yang merupakan sumber kekuatan.
Masa aksi, yaitu suatu massa aksi yang didasari pada pada kesadaran bersama akan tujuan perjuangan, dalam artian setiap tindakn yang dapat melahirkan kesadaran terhadap rakyat untuk menumbuhkan gerakan yang revolusioner.
Self help, yaitu gerakan yang tidak bergantung pada suatu pihak atau golongan tetapi harus berdasarkan pada diri sendiri.
Self Reliance, yaitu kepercayaan diri dalam artian seorang penggerak haruslah melalakukan sebuah gerakan dengan penuh rasa percaya diri.

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :