Iklan ADS

Monday, July 17, 2017

Andre Barros

Jenis-Jenis Berita

Jenis-Jenis Berita


Berita dapat di golongkan atau dikelompokan menjadi beberapa bagaian sesuai dengan unsur-unsur berita dan pengaruhnya terhadap individu, kelompok atau organisasi atau khalayak secara umum. Jenis jenis berita ini antara lain :

Hard News atau Berita Berat

Hard News adalah berita mengenai suatu peristiwa ataupun kejadian yang dianggap sangat penting bagi khalayak secara umum, misalnya wacana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara, otomatis isu ini penting bagi masyarakat indonesia secara umum. Aktualitas merupakan unsur penting bagi Hard News, kejadian atau peristiwa yang sudah lama terjadi tidak bernilai lagi, namun dalam konteks lain Hard News tidak hanya dinilai kebaruannya soal waktu tapi soal peristiwa juga, misalnya tentang suatu penemuan dalam bidang pertanian, yang sudah lama terjadi namum belum diketahui khalayak, maka peristiwa itu tetap dianggap baru.

Soft News atau Berita Ringan

Dalam berita soft news tidak terikat dengan beberapa unsur berita salah satunya Aktualitas, penting, dampak, dan kebaruan, namun memiliki daya tarik tersendiri bagi pemirsanya. Berita soft news sering disebut feature karena berita ini lebih menitik beratkan pada hal-hal yang menyentuh pemirsa secara emosional, seperti menimbulkan rasa takjub, heran, kagum, simpati, kwatir dan terharu. Contohnya berita tentang Fashion, mungkin hanya dinilai penting bagi segelintir orang yang bergaya hidup mewah seperti selebriti, atau orang-orang berduit alias kaya. Atau contoh lain seperti berita tentang Mario Klau yang lolos audisi di dunia tarik suara, berita ini mungkin penting bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT), tapi belum tentu penting atau menarik bagi masyarakat Kalimantan atau Jakarta, Pasti saja mereka punya penilaian yang berbeda.

Indepth News Atau Berita Mendalam
Indepth News merupakan berita yang lebih fokus pada suatu kejadian atau peristiwa yang mengandung nilai berita yang tinggi dan kemudia mengupasnya secara mendalam dan lebih luas. Berita-berita yang tergolog Indepth News seperti Investigasi terkait praktek korupsi di instansi pemerintahan ataupun swasta, atau keterlibatan Militer dalam kasus narkoba dan kasus-kasus lainnya yang sulit untuk di bongkar. Untuk mengidepth suatu kasus seorang wartawan perlu melakukan persiapan yang matang dan biasanya bekerja secara tim, dan menginvestigasi secara sembunyi dengan melakukan berbagai macam penyamaran.

Untuk teknik penulisan tetap pada rumus 5W 1H seperti berita pada umumnya dengan menggunakan metode atau pola piramida terbalik. Untuk lebih jelas silakan klik di bagian atas menu seputar jurnalistik untuk melihat teknik penulisan berita.

Sekian dan terimaksih semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi www.brrosandre.com untuk lihat informasi-informasi terupdate lainnya.

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :