Iklan ADS

Friday, July 28, 2017

Andre Barros

Politik Menang Kalah dan Politik Kesatria

Politik Menang Kalah  dan Politik Kesatria

Oleh Nyongky




Setelah saya mempelajari apa itu politik, walaupun belum jauh dan belum saya mendalaminya, tetapi saya akan berusaha menjelaskan dua makna politik yang menurut saya relevan dengan politik kita sekarang, yaitu politik menang kalah dan politik kesatria.

Politik menang kalah berpola habis-habisan, membabat lawan ( zero sum game ). Dengan cara apapun.dalam paradigma politik menang kalah, kehormatan bukanlah yang utama dalam memenangkan pertarungan. Kehormatan adalah sebuah wacana moralitas, sebagaimana di katakan Krisna kepada Arjuna, morality is even so difficult of being understud, betapa moralitas merupakan sesuatu yang susah di mengerti. Yang penting menang dan berkuasa, karena kemenangan dan kekuasaan akan dengan mudah membalikan kelumrahan, kewajaran,dan apa yang dipersepsikan sebagai moralas tingkat tinggi maka dengan kemenangan dan kekuasaan, kehormatan akan datang sendiri. Logika-logika yang dipakai dalam politik ini sangat rational yang di anatara nya adalah :

1 ).martabat dan kebesaran partai bukanlah pertimbangan utama,.

2 ). Apa saja bisa dilakukan kecuali melanggar hukum.

3 ). Tak perlu berpikir bahwa perilaku politik itu penting,dan harus meninggalakan apa yang disebut pelajaran atau hikmah politik yang penuh dengan kedalaman.

4 ). Yang diagung-agungkan adalah hasil akhir bukan prosesnya. Itulah politik menang,kalah.

Tetapi dalam politik kesatri, sebaliknya yang di inginkan adalah prinsip dan kehormatan. Politisi kesatria akan mundur kalau terlibat dalam peristiwa yang memalukan. Artinya sangat tahu malu apabila bersalah dan meningglakan tanggung jawab. Seperti yang terjadi di indonesi, orang yang di anggap sangat besar dan berjasa dalam sebuah partai, akan terdepak atau di singkirkan dan tak memperoleh kehormatan yang layak, apabila melakukan kesalahan, maka jasa-jasanya juga akan di kuburkan dan dianggap musuh besar, yang membahayakan kedudukan para politik elit yang menag.

Inilah yang menurut saya kedua politik ini masih relevan dalam praktek politik kita sekarang, sebenarnya masih banyak yang perlu dikaji lebih dalam lagi, mengenai proses politik kita. Dan harus di pelajari lebih detail lagi, sesuai kondisi ril yang terjadi dalam sona area praktek politik kita. Tetapi disini saya hanya mencoba menjabarkan kondisi praktek plotik kita saat ini sesuai pandangan saya. sekian dan terimah kasih.

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar