Iklan ADS

Monday, December 19, 2016

Andre Barros

Stereotip Masyarakat Atambua terhadap Masyarakat Timor Leste





Secara geografis, kedua daerah ini berbatasan secara darat dan sebagian besar kebiasaan masyarakat kedua daerah inipun sama, salah satunya Bahasa, mata pencaharian, adat istiadat dan beberapa tarian daerah yang sama persis, hanya saja beda nama.


Yang membedakan massyarakat Atambua dan Timor Leste ialah penjajahan Portugis dan Belanda, dimana Portugis menjajah Timor Leste dan Belanda menjajah wilayah NTT termasuk Atambua. Sejarah penjajahan meninggalkan kesan yang khas bagi masyarakat Timor Leste dan Masyarakat Atambua, Konon kedua daerah ini memiliki tradisi yang sama bahkan satu nenek moyang, namun di era penjajahan kedua wilayah ini kehilangan semua peradaban mereka dan perlahan-lahan mewarisi budaya atau tradisi penjajah, yakni Belanda dan Portugis.


Munculnya perlawanan terhadap kolonialisme di Indonesia dan akhirnya membawa perubahan besar bagi Indonesia yaitu merdeka, sayangnya pada saat yang sama Timor leste masih dijajah, di Indonesia banyak di dirikan sekolah sekolah dan bahasa ndonesia di bumingkan sedangkan Timor Leste masih terhanyut dalam politik penjajah, hal inilah yang menghambat prkembangan masyarakat Timor Leste, baik ekonomi, politik dan pendidikan.


Selama kurang lebih 16 tahun penulis tinggal di Atambua sejak perang Timor Leste pada tahun 1999 karena memisahkan diri dari NKRI. Penulis melihat dan merasakan beberapa perbedaan antara budaya atau ciri khas antara Masyarakat Atambua dan masyarakat Timor Leste.


Berdasarkan pengalaman singkat ini penulis banyak melihat perbedaan-perbedaan antara masyarakat Atambua dan masyarakat Timor Leste.


Contohnya


Masyarakat Timor leste tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, misalnya, Kata yang sering di ucapkan yan, dengan sering di ucapkan denggan, dan Sembilan berubah menjadi sembilang, hal ini di pengaruhi oleh Bahasa Portugis yang di pelajari orang Timor Leste berabad --abad, dan memberi pengaruh yang besar hingga saat ini.


Stereotip yang beredar di masyarakat Atambua yaitu, Masyarakat Atambua berpersepsi bahwa orang Timor Leste Bodoh karena tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, hal ini di sebabkan oleh bahasa daerah dan bahasa portugis dimana kedua bahasa ini sangat mempengaruhi pengucapan bahasa indonesia yang baik dan benar. Stereotip adalah salah satu hambatan dalam komunikasi lintas budaya, karena cendrung berkonotasi negative, sama halnya dengan prasangka atau rasis. Stereotip hanya menilai dari sebagian sisi yang menimbulkan kesan negatif, Stereotip adalah penilaian terhadap sesuatu hanya saja tidak keseluruhan, dan etika selalu berkaitan dengan nilai atau norma, lalu kaitan dari etika dan stereotip adalah cara bagaimana memandang etika, nilai atau norma, tiadak secara keseluruhan namun hanya sebagian kelompok.


Dalam hal menilai pribadi suatu kelompok atau etnis tidak dapat dinilai dari salah satu sisi karena akan menimbulkan kesan negatif maka harus dikenali lebih dalam untuk melihat sisi lain yang memberi penilaian berbeda terhadap kelompok tersebut.

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
December 3, 2017 at 4:30 AM delete

Dukun Pesugihan Uang Gaib Ampuh Tanpa Tumbal Kyai Raden Ageng Kusuma

Jasa Dukun Ampuh Jarak Jauh Melayani Pesugihan UanG Gaib, Transfer Janin, Santet & Pelet. Untuk Konsultasi Hubungi (082-380-383-091)

Atau klik link berikut:
www.dukungaib.com/2017/12/pesugihan-uang-gaib.html

Reply
avatar