Iklan ADS

Monday, November 14, 2016

Andre Barros

pengertian berita dan unsur layak berita


 Kata Berita berasal dari Bahasa sansekerta, yaitu Vrit yang artinya ada, atau terjadi. Sebagian orang menyebutnya Vritta yang artinya kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI) terbitan Balai pustaka, arti berita di perjelas menjadi, Laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Oleh karena itu, maka dapat di simpulkan bahwa, Berita adalah Laporan tentang suatu peristiwa atau kejadian yang sedang terjadi maupun sudah terjadi. Unsur layak Berita Apa saja unsur – unsur berita dan seberapa pentig unsur – unsur berita ? Berdasarkan kode Etik jurnalistik, bahwa sebuah berita pertama – tama harus cermat dan tepat atau istilah jurnalistik, harus akurat, selain dari itu berita juga harus lengkap ( complete ), adil ( Fair ), dan berimbang ( Balanced ). Dalam sebuah berita tidak boleh mencampurkan fakta dan opini, sebuah berita harus ringkas ( Concise ), jelas dan hangat. Berikut beberapa unsur berita.
  •  Akurat Seorang wartawan harus hati – hati dalam menulis sebuah berita, mengingat dampak luas yang di timbulkan sebuah berita, kehati – hatiannya di mulai dari kecermatan terhadap Ejaan nama, tanggal, dan usia serta disiplin diri untuk melakukan pemeriksaan ulang atas keterangan dan fakta yang di temuinya, agar berita yang akan di sajikan harus betukl – betul akurat dan memberikan kesan yang umum kepada pembac






  • Lengkap adil dan berimbang Bagi seorang wartawan, untuk menyusun sebuah laporan atau tulisan yang adil dan berimbang tidaklah sesulit memilihara objektivitas. Lengkap adil dan berimbang berarti tidak mengurangi fakta – fakta yang akurat dengan memasukan fakta ynga sifatnya longgar atau tidak relevan, atau menghilangkan fakta – fakta yang seharusnya di tuliskan dalam sebuah berita, seorang wartawan harus melaporkan apa yang sebenarnya di peroleh di lapangan.
  • Objektif Selain akurat, berita yang di sajikan harus objektif, dalam artian berita yang dibuat harus selaras dengan kenyataan, tidak berat sebelah, bebas dari prasangka.
  • Ringkas dang jelas Mitchel V Charnley berpendapat bahwa, laporan berita dibuat dan ada untuk melayani sebaik – baiknya. Berita yang di sajikan haruslah dapat dengan cepat di cerna, ini artinya sebuah tulisan haruslah ringkas, jelas, dan sederhana, tidak banyak menggunakan kata – kata, harus langsung dan padu. Penulisan berita yang efektif akan memberikan efek yang mengalir, ia memiliki warna alami dan tanpa berelok – elok atau tanpa kepandaian dalam bertutur yang berlebihan. 
  • Hangat Sebuah berita harus hangat dalam artian selalu baru, atau dalam bahasa Inggris disebut NEWS. Ada juga pendapat dari beberapa pakar jurnalistik lainnya, Bahwa untuk menilai apakah suatu kejadian atau perisiwa dianggap layak dikemas jadi sebuah berita atau tidak, reporter harus dapat melhat unsur – unsure yang dapat di jadikan pertimbangan agar berita tersebut menjadi menarik untuk di baca , di dengar, atau di tonton, karena berita sesungguhnya memilik nilai atau bobot yang berbeda antara satu dan lainnya. Menurut Brian S Brooks, George Kennedy, Darly R . Meon dan Don Ranly dalam News reporting and Editing ( dalam sumandiria 2006 ) menuju kepada beberapa hal, sebagai berikut. 
  • Aktual ( Timeliness ) Berita yang sedang atau baru saja terjadi ( aktualitas waktu dan masalah ). Contoh  Demo FPI terkait Pernyataan Ahok yang di anggap menistakan agama, harus di proses secara hokum. 
  •  Keluarbiasaan ( Unusualness ) Luarbiasa memberi kesan kepada pembaca atas peristiwa yang di beritakan, dan apa yang diberitakan jarang terjadi bahkan tidak pernah terjadi. Contoh  Seokor Kucing yang baru lahir dengan bentuk kakinya menyerupai kaki manusia. 
  • Akibat (Impact) Akibat dalam artian, Dampak dari sebuah berita terhadap publik. Contoh  Harga BBM akan naik dari Rp 7000.00 per Liter menjadi Rp 12.000 per liter. 
  •  Kedekatan ( Proximity ) Peristiwa atau kejadian yang di beritakan memiliki kedekatan dengan pembaca, baik secara geografi maupun emosional. Contoh TKW Indonesia di Arab meninggal denga cara yang tidak wajar. 
  • Informasi ( Information ) Apa yang di beritakan adalah informasi. Menurut Wilbur Schramm, Informasi adalah sesuatu yang bisa menghilangkan ketidak pastian. Contoh Pemerintah Batal menaikan harga BBM
  •  Konflik ( Conflict ) Berita atau kejadian yang di beritakan berupa konflik atau pertentangan. Contoh Dewi Persik dan Julia Perez terlibat saling lapor di kepolisian usai terlibat perkelahian di lokasi syuting sebuah film horror. 
  • Tokoh Penting ( Public figure/ news maker ) Laporan peristiwa atau kejadian yang melibatkan tokoh penting di dalamnya, yang akan menarik perhatian public. Contoh Telinga Ahmad Dani putus di gigit tikus saat ia sedang lelap tidur.
  • Kejutan ( Surprising ) Peristiwa atau kejadian yang di beritakan member kejutan kepada pembca. Contoh  Monumen Nasional ( Monas ) hancur berkeping – keeping oleh serangan Bom bunuh diri pesawat teroris. 
  • Ketertarikan Manusia ( Human interest ) Peristiwa atau kejadian yang di beritakan menyentuh secara emosional, seperti membangkitkan rasa ibah, simpati, amarah dan lain sebagainya. Contoh Seorang pemulung terpaksa berjalan kaki sejauh 10 km sembari menggendong jasad anaknya lantaran tak mampu menyewa ambulance. 
  • Seks ( sex ) Laporan tentang peistiwa atau kejadian yang mengandung unsur seksnya. Contoh Nikita mirzani kembali menghebohkan dengan foto setenga bugil yang beredar di internet. Itulah nilai – nilai berita yang harus di perhatikan seorang reporter dalam menulis sebuah peristiwa atau kejadian.



 Daftar Pustaka

 prof . Dr. Budyatna Muhammad, M.A. Jurnalistik Teori dan praktik, Bandung, PT Remaja Rosdakarya 2005. Barus Willing Sedia, Jurnalistik, Petunjuk teknis menulis berita, PT Aksara pratama 2010. Suryawati Indah. Jurnalistik Teori dan praktik, Penerbit Ghalia Indonesia, Desember 2011.

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :