Iklan ADS

Saturday, November 12, 2016

Andre Barros

Pengertian media cetak dan elektronik

Media cetak


Media cetak merupakan media komunikasi yang sifatnya tertulis atau cetak dan sangat popular di kalangan masyarakat, Karna bisa di arsipkan setelah di baca bahkan bisa bawa kemana saja. inilah salah satu kelebihan media cetak yang berbeda dengan media elektronik. Media cetak juga merupakan awal di mulainya Produk jurnlistik pertama, dimana telah di bahas di artikel yang pertama. Jenis media cetak yang beredar di masyarakatpun sangatlah beragam, namun secara garis besar media cetak di klasifikasikan dalam tiga bagian antaralain, Surat kabar, Tabloid, dan Majalah

Surat kabar adalah media komunikasi yang berisikan informasi aktual dari berbagai aspek kehidup kehidupan seperti, politik, ekonomi, Budaya, olah raga dan lain sebagainya. Surat kabar merupakan media massa tertua sebelum ditemukannya Radio, filem dan televisi.
Kelebihan surat kabar yaitu mampu menyajikan informasi secara komprehensif, bisa dibawa kemana saja, bisa didokumentasikan dan di baca berulang kali. Surat kabar juga bisa di terbitkan dalam bentuk harian maupun mingguan.

Tabloid Tabloid ialah salah satu media cetak selain surat kabar yang berisikan informasi aktual dan disajikan secara mendalam, dan biasanya informasi yang disajikan Tabloid antara lain, Ekonomi, tenaga kerja, usaha, kesehatan, gaya hidup kuliner dan lain sebagainya.

Majalah juga tidak jauh berbeda dengan Surat kabar dan Tabloid, sama-sama menyajikan informasi, dan memiliki nilai aktualitas yang tinggi di bandingkan surat kabar dan tabloid, serta menampailkan gambar dalam jumlah yang banyak, selain itu majalah juga memiliki beberapa jenis seperti Majalah untuk anak, majalah untuk remaja, majalah untuk pria remaja dan pria dewasa, majalah untuk Fashion, Majalah kuliner dan lain sebagainya. Namun Dominic (1990) membagaikan majalah dalam Lima kategori antaralain, Majalah Umum
untuk semua kalangan, Majalah bisnis, Kritik sastra dan majalah ilmiah, Majalah Khusus terbitan berkala dan majalah Humas.

Media Elektronik

Media elektronik adalah jenis media komunikasi yang menggunakan alat elektronik, seperti yang kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari yaitu Radio dan televisi, dalam menginformasikan suatu peristiwa atau kejadian secara serentak kepada khalayak, dan sifatnya real time.

Radio merupakan jenis media yang tidak asing lagi bagi Masyarakat dari semua lapisan, baik tua maupun muda, semua pasti mengenal yang namanya Radio. System penyajian berita pada Radio mengandalkan gelombang elektronik , dan memiliki kecepatan yang sangat cepat dalam member informasi, radio hanya bisa didengar dan tidak bisa menampilkan gambar seperti Televisi. Berikut beberapa keunggulan radio
 • Cepat dan langsung, proses penyajian berita pada radio tidak rumit seperti media lainnya sehingga dapat disiarkan secara langsung atau live dan cepat.
 • Bersifat interaktif, Karna proses komunikasi yang bersifat dua arah, dimana pendengar radio bias merespon informasi yang disiarkan.
 • Pendengar radio bisa menikmati sajian informasi atau berita sambil mengerjakan aktifitas lain. 
• Dekat dengan pendengar, radio sangat dekat dengan pendengarnya, ketika seorang penyiar menyapa para pendengar maka seolah olah ia berbicara secara khusus kepada satu orang saja, inilah yang membuat pendengar merasa seolah – olah dekat dengan penyiar radio. 






Televisi. Televisi adalah salah satu medi komunikasi yang dapat menyajikan informasi dengan menggunaka suara dan gambar, ini adalah kelebihan Televisi yang tidak dimiliki oleh media lain, seperti Radio dan jenis surat kabar lainnya. Berikut beberapa kelebihan televise :
• Sifatnya audio visual, dimana kita dapat mendengar juga dapat melihat, hal ini membuat pemirsa merasa informasi yang disajikan lebih realistis, sesuai keadaan sebenarnya.
 • Pemirsa televisi tidak dituntut harus bisa membaca. Media Internet atau Online Media Online merupakan media yang menyajikan informasi menggunakan jaringan internet, dan sangat popular di era sekarang, kehadirannya belum begitu lama, namun media ini memiliki perkembangan yang sangat pesat. Keunggulan media online sebagai berikut
 • Informasinya senantiasa up to date ( Senantisa terbaru ), Media online dapat dapat melakukan upgrade suatu informasi atau berita dari waktu ke waktu.
• Informasinya bersifat real time, Media online dapat menyajikan informasi atau berita saat peristiwa sedang berlangsung ( live ).
• Informasinya bersifat Praktis.

 Daftar Pustaka

 Suryawati Indah,Jurnalistik suatu pengantar Teori dan Praktik, Ghalia Indonesia, Desember 2011

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :