Iklan ADS

Monday, April 4, 2016

Andre Barros

Film 3 idiots Sebagai kritik terhadap Dunia Pendidikan

Film 3 idiot

http://www.brrosandre.com/2016/04/paper.html   3 Idiot 


            Film merupakan media komunikasi yang sangat efektif dan dapat di terima oleh seluruh lapisan masyarakat, oleh karna itu film mampu mempengaruhi masyarakat berdasarkan muatan pesan di balik sebuah film, karna film selalu merekam realitas hidup yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat kemudian memproyeksinya keatas layar.
            Film banyak memberikan pelajaran terhadap  hidup serta cara pandang tentang realita hidup melalui media audio visual, selain itu film juga memberikan penyegaran terhadap otak setelah lelah dan jenuh dengan berbagai aktivitas, Menonton film bisa menjadi sarana refresing yang cukup murah.
Banyak pesan moral yang biasanya di sampaikan melalui sebuah film. Salah satunya adalah film “3 idiots” yang dirilis pada 2009 yang lalu, yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani dan di bintangi oleh aktor ternama Amir Khan. Film “3 idiots” menceritakan tentang sistem dalam dunia pendidikan yang serba kaku. Sekaligus merupakan sebuah kritik terhadap dunia pendidikan, Tidak hanya mengkritisi namun film “3 idiot” juga menyampaikan beberapa pesan moral, seperti, cinta, kasih sayang, persahabatan, pengorbanan dan solidaritas.
            Terdapat banyak nilai-nilai yang ada dalam film ini, namun yang menjadi fokus dari penulis ialah nilai-nilai pendidikan yang digambarkan dalam film “3 idiots” karena penulis melihat bahwa nilai-nilai pendidikan yang digambarkan dalam film “3 idiots” tidak hanya mengkritisi sistem pendidikan di India namun di  beberapa negara lainnya, Indonesia terrmasuk  salah satunya juga. Karena sistem yang dibangun sebuah lembaga pendidikan dan metode yang di terapkan sangatlah berpengaruh pada kehidupan dan masa depan seseorang.
            .
3 idiots merupakan salah satu film bertemakan pendidikan, yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani sekaligus sebagai penulis skenario bersama Vidhu Vinoid Chopra dan Abhijat Joshi dengan Genre sebagai film komedi / drama, yang dibintangi juga oleh beberapa aktor ternama seperti Ranco Shamaldas chanchad (Amir khan), Pia Sahastrebuddhe (Kareena Kapoor), Viru Sahastrebuddhe (Boman Irani), Farhan Qureshi, ( R. Madhavan), dan Raju Rastogi ( Sharman Joshi), dan Mona Sahastrebuddhe ( Mona Singh). Film ini juga di produksi oleh  Vidhu Vinoid Chopra Production dan dirilis pada 25 Desember 2009 yang lalu, dengan durasi ± 2 jam 43 menit.
Film yang berjudul “3 idiots” ini menceritakan tentang 3 orang sahabat yang sering berlaku bodoh, ketiga sahabat ini bertemu secara tidak sengaja di universitas tempat dimana mereka menuntut ilmu, ketiganya bernama Ranco Shamaldas chanchad, Farhan Quresh, dan Raju Rastogi. Kelakuan dan gaya belajar dari ketiga sahabat ini terkesan di luar kebiasaan kampus tersebut yang terkenal elit dan disiplin dengan sistem yang dibangun oleh seorang professor bernama Viru Shahastabudde. Sistem inilah yang membuat mahasiswa merasa tertekan, apalagi dengan gaya kepemimpinan sang professor yang diktator. Akibatnya salah seorang mahasiswa tingkat akhir bunuh diri karena depresi, termasuk salah seorang dari ketiga sahabat ini juga sempat lompat dari atas gedung karna merasa tertekan, namun aksi bunuh dirinya itu gagal dan ia terpaksa harus dirawat di rumah sakit.
Dari semua mahasiswa di Imperial Collage of Engineering terdapat salah seorang mahasiswa yang di anggap pintar oleh professor Viru, yaitu Catur Silencer Ramalingam (Omi Vaidya) murid kesayannga Profesor Viru, Sedangkan Ranco dan kawan-kawannya di anggap paling bodoh oleh professor Viru. Tapi Ranco tetap bersih keras melawan Sistem pendidikan di kampusnya, ia berpersepsi bahawa belajar itu tidak harus menghafal tetapi bagaimana memahami, belajar itu tidak selamanya harus di kelas, dan belajar juga tidak bisa dipaksakan.
Semua ini membuat professor Viru semakin membenci Ranco dan kawan-kawan, Tapi ia tetap pertahankan semuanya itu, dan akhirnya terbukti ia berhasil sebagai seorang ilmuwan dan semua penemuannya memiliki hak paten, dibandingkan Catur murid kesayangan professor Viru yang pintar dengan metode menghafal
Itulah sistem pendidikan yang digambarka dalam film “3 idiot,” dimana sistem pendidikan yang diterapkan di kampus dengan mementingkan kompetisi bagi mahasiswanya untuk menjadi yang terbaik dan hanya yang terbaiklah yang dihargai, yang kalah atau gagal tidak perlu dihiraukan, dengan sistem kompetisi tersebut mahasiswa akhirnya hanya memfokuskan diri belajar untuk meraih kelulusan dengan nilai terbaik, mahasiswa tidak lagi belajar untuk mengerti, memahami dan memaknai apa yang dipelajarinya, efek lain dari sistem tersebut ialah, Banyaknya mahasiswa yang putus asa dan bahkan adayang bunuh diri karna gagal.
Sistem pendidikan yang membunuh kreativitas dan hanya mementingkan kompetisi merebut nilai dan kelulusan tersebut ditentang oleh salah satu mahasiswa yaitu Ranco yang memiliki pandangan berbeda tentang pendidikan. Bahwa belajar itu seseorang tidak hanya terpaku pada teori, yang penting itu bagaimana memahami karna seseorang tidak akan mempraktekkan nilai yang ia peroleh tapi ia akan mempraktekkan apa yang ia pahami.

            Banyak nilai-nilai yang digambarkan dalam film “3 idiots” antara lain: Nilai Pendidikan, persahabatan, pengorbanan, kasih sayang, cinta, dan solidaritas. Namun seperti yang telah di uraikan di latar belakang bahwa yang menjadi fokus penulis ialah nilai-nilai pendidikan yang digambarkan dalam film “3 idiot”, seperti apakah gambaran nilai-nilai pendidikan tersebut? Berikut akan di uraikan dalam beberapa adegan. Ketika sedang berada dalam kelas Rancho terlihat senyum terus hingga Profesor menegurnya, tapi Rancho memberikan alasan “Saya senang berada di kelas ini pak” Profesor merasa kesal dan menyuruh Ranco menjelaskan defenisi mesin, Ranchopun menjawab sesuai pemahamannya, hal ini membuat Profesor tambah marah kaerna jawaban Rancho tidak sesuai dengan isi buku, dan akhirnya Rancho disuruh keluar dari kelas oleh Profesor, tidak lama kemudian Rancho masuk lagi ke kelas karena ia lupa bukunya, dan disinilah Rancho berbicara panjang lebar tentang mesin menggunakan bahasa inggris yang pada akhirnya membuat Profesor merasa bingung dan bertanya kepada Ranco, apa yang barusan  kamu bicarakan nak? Jawab Rancho dengan singkat “Buku pak”, lalu professor bertanya lagi, “Apa kamu tidak bisa menjelaskannya dengan sederhana? Kata Rancho “Saya sudah mencoba menjelaskannya tapi nampaknya anda tidak menyukai hal yang sederhana”. Adapun dalam adegan lain ketika Rancho menentang Profesor Viru yang selalu mengatakan bahwa, hidup adalah sebuah perlombaan, jika anda tidak cukup cepat, maka anda akan diinjak-injak, hal ini di awali setelah salah satu mahasiswa tingkat akhir bernama Joy Lobo menggantung diri di kamar asramanya, kemudian Rancho menentang Profesor viru dan memberikan sebuah data statistik mengenai banyaknya mahasiswa yang bunuh diri, disebabkan oleh salahnya sistem pengajaran yang hanya menitik beratkan mahasiswa dari nilai ujian tanpa memperhatikan kemampuan mahasiswa di bidang lain. Selain dari dua adegan di atas, ada adegan lain juga diman Rancho dan teman temannya bekerjasama untuk menggantikan teks pidato yang akan di bacakan oleh Catur saat kunjungan mentri pendidikan di  Imperial Collage of Engineering (ICE), dengan pidato yang berisikan kata-kata kotor yang penuh dengan kritik terhadap Profesor Viru. Adegan ini adalah efek dari metode menghafal yang diterapkan oleh Profesor Viru tanpa memahami apa isi dari sebuah buku.
Dari beberapa adegan di atas ada juga salah satu adegan yang merupakan klimaks, yaitu saat Rancho membantu persalinan anak Profesor Viru yang terpaksa harus dilahirkan di rumah karena banjir, berkat kerja keras Rancho cucu sang Profesorpun lahir dengan selamat, adegan ini merupakan salah satu momen dimana Profesor Viru harus mengakui kejeniusan Rancho dalam hal belajar maupun ide-ide kreatif Rancho, Sang Profesorpun sadar bahwa apa yang diterapnya di Imperial Collage of Engineering selama ini salah, dengan mengatakan kepada cucunya, jadilah apa yang kau mau, malam itu Profesor Virupun menyerahkan bolpoinnya kepada Rancho sebagai Murid terpintar.

Pendidikan adalah sebuah usaha sadar dan terencana secara etis, sistematis, intensional dan kreatif, oleh karena itu maka tidak salah jika pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan seseorang, oleh karena itu perlu diperhatikan metode-metode pengajaran yang diterapkan dalam sebuah lembaga pendidikan, karena hal ini sangatlah berpengaruh terhadap peserta didik, seperti yang digambarkan dalam film “3 idiots”, Secara tidak langsung ini merupakan kritikan terhadap dunia pendidikan. Menurut teori Classical Conditioning  (Pavlov dan Watson) Ivan Petrovich Pavlo : 1849-1936), belajar adalah suatu proses perubahan yang terjadi karna adanya syarat-syarat condition yang kemudian menimbulkan reaksi, dan juga menurut teori Konstruktvisme yang di kemukan oleh Jean Piaget dan Leu Vygotski, pembelajaran harus di bangun secara efektif oleh pembelajar itu sendiri dari pada di jelaskan secara rinci oleh orang lain. Tapi untuk membangaun pengalaman siswa harus memiliki kesempatan untuk mengungkapkan pikirannya, menguji ide-idenya melalui eksperimen dan percakapan atau Tanya jawab, serta untuk mengamati dan membandingkan fenomena yang sedang diujikan dengan aspek lain dalam kehidupan mereka. Selain itu guru memiliki peranan penting dalam mendorong siswa untuk memperhatikan seluruh proses pembelajaran serta menawarkan berbagai cara eksplorasi dan pendekatan. Berdasarkan dua teori di atas maka disini pendidikan mempunyai peranan penting dalam mendidik suatu masyarakat, dengan itu maka suatu sistem dan metode yang di gunakan dalam suatu lembaga pendidikan sangat berpengaruh terhadap masa depan seseorang.
Berdasarkan gambaran pendidikn dalam film “3 idiots” maka penulis menarik kesimpulan bahwa Dunia pendidikan bukanlah tempat untuk saling memaksakan kehendak, tapi pendidikan adalah dunia dimana seseorang akan belajar dan menggali serta mengasah seluruh  kemampuannya. Hanya dengan pendidikan seseorang akan memperoleh pengetahuan, membangun karakter, dan mencari identitas tentang dirinya, namun penting juga dukungan dari orang-orang terdekat yaitu, Orangtua , sahabat, dan lingkunngan sekitar seseorang berada.




Daftar pustaka
Eka Novanto Irawan. Buku Pintar Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi dari Klasik sampai Modern Cetakan  Pertama September 2015, Penerbit : IRCiSoD : Banguntapan  Yogyakarta.
http://pgsd-kebumen09.blogspot.co.id/2010_09_01_archive.html
LOG Pertama 25 Agustus 2010

























[1] http://diah17.blogspot.co.id/2013/11/resensi-film-3-idiots.html
 

Andre Barros

About Andre Barros -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :